Kesenangan Yang Diberikan Om – Om Telolet

Posted by Rulfhi Pratama on 3:57:00 PM with 2 comments

Om telolet om
Sekilas dulu mengenai om - om. Om-om adalah sebuah gelar yang diberikan bagi kaum lelaki yang sedang menginjak usia dikepala 3 atau pengganti istilah dari paman. Gelar ini pun bukan gelar kehormatan yang diberikan dari Kesultanan atau pun dari pihak Keraton Yogyakarta. Tetapi gelar ini datang dari anak kecil. Pagi ini saya membuka instagram, ketika sedang scroll hampir disemua komenan di IG berbunyi “om telolet om”. Lantas saya menyelidik dan membuka Twitter, dah sungguh dikagetkan om telolet om Jadi trending topic worldwide. Selidiki demi selidik pun dilakukan, ternyata om satu ini bukan om yang biasa menyewa vila di puncak yang kadang bilang ambil aja kembaliannya. Tapi ini om-om dibalik kemudi bus-bus anta kota dipulau Jawa. Om-om ini dielu-elukan anak-anak, khususnya anak-anak di sepanjang jalan Jember, bukan karena perawakannya kaya Vin Diesel ataupun selucu Mr. Bean. Tetapi mereka di elu-elukan karena suara klakson bus yang di sedang dikendarainya. Suara yang khas, yang biasa anak-anak panggil dengan berbunyi telotet-telolet.

Anak-anak disepanjang jalan Jember, berjajar memenuhi tepi jalan, anak-anak pun sengaja membuat plang dengan bunyi “Om Telolet Om”. Ketika ada bus yang lewat anak-anak berteriak meminta om sopir untuk membunyikan klaksonnya. Ketika suara klakson berbunyi telolet disambut dengan meriah oleh anak-anak dan ketika klakson bus standar tidak berbunyi telolet pasti “disurakan”. Bukan hanya anak-anak saja yang demam telolet tapi demam telolet juga mewabah ke kalangan remaja ataupun orang dewasa. Berbekal kamera ponsel mereka berburu telolet yang unik dari bus-bus yang melintas lalu menguploadnya ke media sosial masing-masing. Anak muda seolah-olah dibuat orgasme ketika mendengar bunyi telolet,meminta lagi dan lagi. Bahkan beberapa bus seperti bus pandawa 87, Bus laju Prima SHD seolah-olah mengamini keinginan anak muda tersebut dengan mengubah klaksonnya jadi lebih beragam seperti lagu suwe ora jamu, ataupun lagu mendadak dangdut.

Dengan teknologi yang tinggi di jaman sekarang ini, “om telolet om” mudah menjadi viral di dunia digital. Entah siapa yang pertama kali memulainya. Bahkan DJ kelas dunia seperti Dj Snake,Oliver Heldens, Hardwell, Zedd hingga Martin garrix beramai-ramai mengicaukan “om telolet om. Yang mungkin para DJ itu tak tau artinya apa om telolet om itu.
Namun ada sedikit yang menyentil buat saya ketika anak-anak kota mencari kesenangan dengan main ke mall membeli mainan ataupun membeli gadget terbaru dan menghaburkan uang orang tuanya. Anak-anak di pedesaan khususnya daerah jawa mencari kesenangan dengan sederhana cukup menunggu bus yang lewat dan meneriakan om telolet om sambil berharap si om pengemudi bus merespon dengan membunyikan klaksonnya. Ketika suara Klakson dibunyikan anak-anak menyambutnya dengan sorakan dan tertawa bersama. Kesenangan yang sederhana bagi anak-anak. Karena untuk senang itu tak perlu mahal bung.

Nih biar ga penasaran video om telolet om







Label: